18 Okt 2009

Konsep Manajemen Pemasaran

Definisi Pemasaran :
• Pemasaran umumnya dipandang sebagai tugas untuk menciptakan, memperkenalkan, dan menyerahkan barang dan jasa kepada konsumen dan perusahaan lain
• Definisi sosial: Pemasaran adalah proses sosial yg dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yg mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yg bernilai dengan pihak lain.
• Definisi manajerial:pemasaran sering digambarkan sebagai seni menjual produk

Pemasar memasarkan 10 jenis entitas:
• Barang
• Jasa
• Pengalaman
• Event
• Orang
• Tempat
• Property
• Organisasi
• Informasi
• Gagasan

Konsep pemasaran inti:
• Pasar sasaran dan segmentasi
• Tempat pasar,ruang pasar dan metamarket
- tempat pasar bersifat fisik,seperti ketika seseorang pergi berbelanja ketoko
- Ruang pasar bersifat digital,seperti ketika seseorang berbelanja melalui internet
- Metamarket untuk menggambarkan sekelompok produk dan jasa komplementer yg menurut pikiran konsumen dianggap sebagai erat berhubungan tetapi sumbernya menyebar melintasi serangkaian industri yg berbeda-beda

• Pemasar dan calon pelanggan
• Kebutuhan,keinginan dan permintaan
• Produk,tawaran dan merek
• Nilai dan kepuasan
• Pertukaran dan transaksi
- pertukaran: mendapatkan produk yg diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan
- transaksi: perdagangan nilai antara dua atau lebih pihak
• Relasional dan jaringan kerja
• Saluran pemasaran
• Rantai pasokan
• Persaingan
• Lingkungan pemasaran
• Program pemasaran

- bauran pemasaran: seperangkat alat pemasaran yg digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasarannya dipasar sasaran
- McCarthy mengklasifikasikan alat-alat itu menjadi 4 kelompok yg disebut empat P pemasaran:
- Produk (product) 3. Tempat (place)
- Harga (price) 4. Promosi (promotion)

Lima konsep yang bersaing yang dijadikan sebagai pedoman oleh organisasi untuk melakukan kegiatan pemasaran:
• Konsep produksi
• Konsep produk
• Konsep penjualan
• Konsep pemasaran
• Konsep pelanggan
• Konsep pemasaran sosial/masyarakat

ORIENTASI PERUSAHAAN TERHADAP PASAR
Enam konsep yang bersaing yang dijadikan sebagai pedoman oleh organisasi untuk melakukan kegiatan pemasaran:
• Konsep produksi
• Konsep produk
• Konsep penjualan
• Konsep pemasaran
• Konsep pelanggan
• Konsep pemasaran masyarakat

KONSEP PRODUKSI
Konsep produksi adalah salah satu konsep bisnis tertua.konsep produksi berpendapat bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yg tersedia secara luas dan murah.para manajer perusahaan yg berorientasi produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yg tinggi,biaya yg rendah dan distribusi secara masal

KONSEP PRODUK
Konsep produk berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yg menawarkan fitur yg paling bermutu,berkinerja,atau inovatif.Para manajer organisasi itu memusatkan perhatian untuk menghasilkan produk yg unggul dan memperbaiki mutunya dari waktu ke waktu.Mereka mengasumsikan bahwa para pembeli mengagumi produk yg dibuat dengan baik serta dapat menilai mutu dan kinerja.

KONSEP PENJUALAN
Konsep penjualan berkeyakinan bahwa para konsumen dan perusahaan bisnis,jika dibiarkan tidak akan secara teratur membeli cukup banyak produk yg ditawarkan oleh organisasi tertentu.oleh karena itu organisasi tersebut harus melakukan usaha penjualan dan promosi yg agresif.konsep itu mengasumsikan bahwa para konsumen umumnya menunjukkan keengganan atau penolakan untuk membeli sehingga harus dibujuk supaya membeli.konsep itu juga mengasumsikan bahwa perusahaan memiliki banyak sekali alat penjualan dan promosi yg efektif yg dapat merangsang lebih banyak pembelian

KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci untuk mencapai sasaran organisasi adalah perusahaan harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan,menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yg terpilih.
Konsep pemasaran berdiri diatas empat pilar: pasar sasaran,kebutuhan pelanggan,pemasaran terpadu atau terintegrasi dan kemampuan menghasilkan laba

Theodore levitt dari harvard menggambarkan perbedaan pemikiran yg kontras antara konsep penjualan dan pemasaran:
• Penjualan berfokus pd kebutuhan penjual
• Penjualan memberi perhatian pd kebutuhan penjual utk mengubah produknya menjadi uang tunai
• Pemasaran berfokus pd kebutuhan pembeli
• Pemasaran memikirkan cara memuaskan kebutuhan pelanggan melalui sarana-sarana produk dan segala sesuatu yg berkaitan dgn permasalahan menciptakan,menyerahkan,dan akhirnya mengkonsumsinya

KONSEP PELANGGAN
Perusahaan itu mengumpulkan informasi tentang transaksi yg telah lalu,demografik,psikografik masing-masing pelanggan,dan media serta distribusi yg lebih disuka.perusahaan itu berharap mampu mencapai pertumbuhan yg menghasilkan bagian laba yg lebih besar atas pengeluaran masing-masing pelanggan dengan membangun kesetiaan pelanggan yg tinggi dan berfokus pada nilai masa hidup pelanggan
Konsep pemasaran masyarakat
Konsep pemasaran masyarakat menegaskan bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan,keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yg diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan pesaing dengan cara yg tetap mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan konsumen.
Konsep pemasaran masyarakat menuntut para pemasar utk memasukkan pertimbangan sosial dan etis ke praktik pemasaran mereka

Tidak ada komentar: