MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENGUKUR PERMINTAAN PASAR
Perusahaan yang memiliki informasi yang lebih unggul akan menikmati keunggulan bersaing.perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik,mengembangkan tawaran yang lebih baik,dan melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik
Sistem informasi pemasaran (SIP) terdiri dari orang,peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan,menyortir,menganalisis,
mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang sesuai kebutuhan,tepat waktu,dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran
SIP mempunyai 4 komponen:
• Sistem pencatatan internal
• Sistem intelijen pemasaran
• Sistem riset pemasaran
• Sistem pendukung keputusan pemasaran
Riset pemasaran adalah
Perancangan,pengumpulan,analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan
Proses riset pemasaran:
• Mendefinisikan masalah dan sasaran riset
• Menyusun rencana riset
• Mengumpulkan informasi
• Menganalisis informasi
• Menyajikan hasil temuan
• Mengambil keputusan
Pendekatan riset:
• Riset observasi
• Riset kelompok fokus
• Riset survei
• Data perilaku
• Riset eksperimen
Instrumen riset:
• Kuesioner
• Alat psikologis
• Perkakas mekanis
• Ukuran kualitatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar