18 Okt 2009

Bab 5

MENGUMPULKAN INFORMASI DAN MENGUKUR PERMINTAAN PASAR

Perusahaan yang memiliki informasi yang lebih unggul akan menikmati keunggulan bersaing.perusahaan dapat memilih pasar dengan lebih baik,mengembangkan tawaran yang lebih baik,dan melaksanakan rencana pemasaran dengan lebih baik

Sistem informasi pemasaran (SIP) terdiri dari orang,peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan,menyortir,menganalisis,
mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang sesuai kebutuhan,tepat waktu,dan akurat kepada para pembuat keputusan pemasaran

SIP mempunyai 4 komponen:
• Sistem pencatatan internal
• Sistem intelijen pemasaran
• Sistem riset pemasaran
• Sistem pendukung keputusan pemasaran

Riset pemasaran adalah
Perancangan,pengumpulan,analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan

Proses riset pemasaran:
• Mendefinisikan masalah dan sasaran riset
• Menyusun rencana riset
• Mengumpulkan informasi
• Menganalisis informasi
• Menyajikan hasil temuan
• Mengambil keputusan

Pendekatan riset:
• Riset observasi
• Riset kelompok fokus
• Riset survei
• Data perilaku
• Riset eksperimen

Instrumen riset:
• Kuesioner
• Alat psikologis
• Perkakas mekanis
• Ukuran kualitatif

Tidak ada komentar: