30 Agu 2009

Penilaian Kinerja

MANAJEMEN DAN PENILAIAN KINERJA

Penilaian Kinerja:
 Untuk apa penilaian kinerja itu dilakukan?
 Apa yang dinilai?metode penilaian?
 Siapa yang melakukan penilaian?

Ada 2 tujuan pokok penilaian kinerja:
 Dasar bagi penentuan imbalan(gaji, bonus)
 Dasar bagi pengembangan karyawan.
Produktivitas,disiplin,pemberhentian/PHK,promosi

Yang dinilai:
 Kompetensi individu (input)
 Proses kerja individu (proses)
 Hasil kerja individu (output)

Yang melakukan penilaian:
 Atasan
 Tim penilai independen (internal, eksternal)
 Bawahan
 Rekan sejawat
 Diri sendiri
 Penilaian multisumber 3600

Sistem manajemen kinerja:
Proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, mendorong, mengukur, mengevaluasi, meningkatkan, dan memberikan penghargaan terhadap kinerja karyawan
Penilaian Kinerja:
Proses mengevaluasi seberapa baik karyawan mengerjakan pekerjaan mereka ketika dibandingkan dengan satu set standar, dan kemudian mengkomunikasikan informasi tersebut

-Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.
-Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada organisasi yang antara lain termasuk:kuantitas output, kualitas output, jangka waktu output, kehadiran ditempat kerja, sikap kooperatif

Metode penilaian kinerja:
 Metode penilaian kategori=skala penilaian grafik, daftar periksa
 Metode perbandingan=Pemberian peringkat, distribusi normal
 Metode naratif=kejadian yang kritis, esai, tinjauan lapangan
 Metode tujuan/perilaku=pendekatan penilaian perilaku, MBO

 Skala penilaian grafik: skala yang memungkinkan penilai untuk memberikan nilai terhadap kinerja karyawan secara kontinu
 Daftar periksa: alat penilaian kinerja yang menggunakan daftar kalimat atau kata-kata yang akan diperiksa oleh penilai
 Pemberian peringkat: membuat daftar seluruh karyawan dari yang tertinggi sampai yang terendah dalam kinerja kerjanya
 Distribusi normal: metode penilaian kinerja dimana nilai kinerja karyawan didistribusikan dalam suatu kurva berbentuk bel
 Kejadian yang kritis: membuat catatan mingguan/harian
 Esai: menuntut seorang manajer untuk menuliskan suatu esai pendek yang mendeskripsikan kinerja kerja setiap karyawannya selama periode waktu penilaian

Kesalahan penilai:
1. permasalahan dari standar yang berbeda-beda
2. efek resensi
3. kecenderungan memusat,kesalahan kelonggaran, dan kekakuan
4. bias dari penilai
5. efek halo
6. kesalahan kontras

Tidak ada komentar: