MANAJEMEN DAN PENILAIAN KINERJA
Penilaian Kinerja:
Untuk apa penilaian kinerja itu dilakukan?
Apa yang dinilai?metode penilaian?
Siapa yang melakukan penilaian?
Ada 2 tujuan pokok penilaian kinerja:
Dasar bagi penentuan imbalan(gaji, bonus)
Dasar bagi pengembangan karyawan.
Produktivitas,disiplin,pemberhentian/PHK,promosi
Yang dinilai:
Kompetensi individu (input)
Proses kerja individu (proses)
Hasil kerja individu (output)
Yang melakukan penilaian:
Atasan
Tim penilai independen (internal, eksternal)
Bawahan
Rekan sejawat
Diri sendiri
Penilaian multisumber 3600
Sistem manajemen kinerja:
Proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, mendorong, mengukur, mengevaluasi, meningkatkan, dan memberikan penghargaan terhadap kinerja karyawan
Penilaian Kinerja:
Proses mengevaluasi seberapa baik karyawan mengerjakan pekerjaan mereka ketika dibandingkan dengan satu set standar, dan kemudian mengkomunikasikan informasi tersebut
-Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.
-Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberi kontribusi kepada organisasi yang antara lain termasuk:kuantitas output, kualitas output, jangka waktu output, kehadiran ditempat kerja, sikap kooperatif
Metode penilaian kinerja:
Metode penilaian kategori=skala penilaian grafik, daftar periksa
Metode perbandingan=Pemberian peringkat, distribusi normal
Metode naratif=kejadian yang kritis, esai, tinjauan lapangan
Metode tujuan/perilaku=pendekatan penilaian perilaku, MBO
Skala penilaian grafik: skala yang memungkinkan penilai untuk memberikan nilai terhadap kinerja karyawan secara kontinu
Daftar periksa: alat penilaian kinerja yang menggunakan daftar kalimat atau kata-kata yang akan diperiksa oleh penilai
Pemberian peringkat: membuat daftar seluruh karyawan dari yang tertinggi sampai yang terendah dalam kinerja kerjanya
Distribusi normal: metode penilaian kinerja dimana nilai kinerja karyawan didistribusikan dalam suatu kurva berbentuk bel
Kejadian yang kritis: membuat catatan mingguan/harian
Esai: menuntut seorang manajer untuk menuliskan suatu esai pendek yang mendeskripsikan kinerja kerja setiap karyawannya selama periode waktu penilaian
Kesalahan penilai:
1. permasalahan dari standar yang berbeda-beda
2. efek resensi
3. kecenderungan memusat,kesalahan kelonggaran, dan kekakuan
4. bias dari penilai
5. efek halo
6. kesalahan kontras
Tidak ada komentar:
Posting Komentar