30 Agu 2009

Mencari Peluang Di Lingkungan Pemasaran

BAB 6

MENCARI PELUANG DI LINGKUNGAN PEMASARAN

• Inside-outside perspektif
• Outside-inside perspektif
Para perusahaan yang berhasil akan memandang bisnis mereka dari luar-kedalam.mereka menyadari bahwa lingkungan pemasaran selalu menimbulkan peluang serta ancaman baru (tantangan) dan mereka memahami pentingnya senantiasa memantau dan beradaptasi dengan lingkungan tersebut

Lingkungan terbagi menjadi 2:
• Lingkungan internal
- Lingkungan manusia
- Lingkungan fisik

• Lingkungan eksternal
- Lingkungan demografi
- Lingkungan ekonomi
- Lingkungan alam
- Lingkungan teknologi
- Lingkungan politik-hukum
- Lingkungan sosial-budaya

Banyak peluang yang ditemukan dengan mengidentifikasi:
• Tren adalah arah atau urutan kejadian yang memiliki daya bergerak (momentum) dan keberlanjutan jangka panjang (durability)
• Fad adalah kesukaan masyarakat yang berlangsung singkat bersifat tidak dapat diduga, berusia pendek, dan tidak penting secara sosial, ekonomi dan politik
• Megatren yakni perubahan besar dibidang sosial, ekonomi, politik, dan teknologi yang lebih lambat terbentuknya dan pada saat terjadi perubahan itu akan mempengaruhi kita untuk waktu yang lama antara tujuh dan sepuluh tahun atau lebih
• Lingkungan demografi: pertumbuhan populasi,bauran usia,etnis,kelompok pendidikan,pola rumah tangga,pergeseran geografi
• Lingkungan ekonomi: distribusi pendapatan,tabungan,katersediaan kredit,hutang
• Lingkungan alam: katersediaan bahan baku,energi,polusi,peran pemerintah
• Lingkungan teknologi: perubahan teknologi,inovasi anggaran
• Lingkungan politik-hukum: UU bisnis,kelompok kepentingan,kelompok penekan
• Lingkungan sosial-budaya: keyakinan dasar,nilai,adat,bahasa

Dalam situasi global yg berubah cepat,perusahaan hrs memantau enam kekuatan utama:demografi,ekonomi,alam,teknologi,politik-hukum,dan sosial-budaya.meskipun kekuatan2 itu akan diulas secara terpisah,para pemasar hrs memperhatikan interaksi antar kekuatan itu,krn kekuatan2 itu menjadi dasar bagi peluang dan ancaman baru.
contohnya,ledakan pertumbuhan populasi (demografi) menyebabkan peningkatan konsumsi sumber daya dan polusi(lingk.alam),yg menyebabkan konsumen menuntut lebih bnyk peraturan perundang-undangan(politik-hukum),yg merangsang solusi teknologi dan produk baru(teknologi),yg jika teknologi baru itu harganya terjangkau oleh masyarakat (ekonomi) akhirnya mengubah perilaku dan sikap(sosial-budaya)

Lingk.demografi
Merupakan lingk. Yg utama krn masyarakat yg menentukan pasar.pertumbuhan populasi yg meledak itu memiliki implikasi besar bagi dunia bisnis.populasi yg meningkat tdk berarti pasarnya meningkat kecuali jika pasar itu memiliki daya beli yg memadai.para prsh yg menganalisis pasar mereka secara cermat dpt menemukan peluang.contohnya:utk mengatasi populasi yg melonjak,pemerintah cina
-kelompok pendidikan:amerika serikat memiliki persentase populasi berpendidikan universitas yg tertinggi didunia,sekitar 36% tingginya jml kaum terpelajar di as tsb berarti ada permintaan yg tinggi atas buku,majalah

Selain orang,pasar juga mensyaratkan adanya daya beli.daya beli pd perekonomian bergantung pada penghasilan,tabungan,hutang,ketersediaan kredit.para pemasar sering membedakan negara2 menjadi 5 pola distribusi penghasilan(1)penghasilan sangat rendah(2)penghasilan sebagian besar rendah(3)pengh.sangat rendah dan sangat tinggi(4)pengh.rendah,sedang,tinggi(5)pengh.sebagian besar menengah
-orang jepang menabung 13,1 persen dari penghasilan mereka,orang AS 4,7 persen
Lingk.alam:::Ketersediaan bahan baku terbagi 3:
bahan baku yg tdk terbatas,bahan baku yg terbatas tp dpt diperbaharui,bahan baku yg terbatas dan dpt diperbaharui

lingk.teknologi:;;
lingk.politik-hukum:::uu tentang persaingan yg sehat,uu tentang pajak penghasilan

Tidak ada komentar: